28

Kenapa BBM harus naik?

Seputar pembuatan minyak, pernah kepikir gak kenapa sih bensin itu mahal? *sekedar wawasan, biar pikiran kebuka*

1. Harga minyak mentah dunia meroket sob, lebih dari 100 dollar per barrel. Indonesia memang penghasil minyak, tapi pada tau gak kalo yang kuasain sumur2 itu kebanyakan perusahaan luar? (Chevron dll) jadi kalo Pertamina mau olah tu minyak juga harus beli!! Makanya harga minyak mentah pengaruh banget ma harga bensin kita. Kita juga impor arabian crude oil buat produksi pelumas dan lilin serta aspal.

2. Pengolahan crude jadi bensin itu mahal coy. Selain ribet, harus di destilasi dan di striping, dia juga buth reforming *penaikan bilangan oktan* biar oktannya sesuai. Dan itu MAHAL. Butuh katalis (satu drum = 300 juta) padahal d reaktor ada 700 m3 katalis yang berarti bisa ratusan drum. Dan itu diganti tiap bulan minimal 1 drum. Belum lagi butuh daya besar untuk bangkitin energi penjalan pabrik.

Pemerintah sudah sangat meminimalisir kenaikan harganya
Jadi kalo harga menjadi 6000an per liter itu udah termasuk MURAH. Ya bayangin aja. Harga mentahnya aja 100 dollar per barrel (1 barrel = 160 liter) berarti 1 liternya 5600 rupiah, belum diolah lho itu. Harusnya harga bensin itu 11000an agar pabrik untung.

Filed in: Fakta Keren

28 Responses to "Kenapa BBM harus naik?"

  1. zen says:

    Murah..klo pendapatan perkapita masyarakat sekarang mencukupi !!
    kenyataanya rakyat kita miskin..

  2. thund3r says:

    Setujuuuu….pahami dulu sebab musababnya, kalo ga sesuai baru protes,p

  3. yopur says:

    jangan cuma nyalahin mereka yg ‘berkoar2′ nolak bbm naik sob, kita juga harus liat kenapa mereka berkoar2. Sebagai mahasiswa yg baik kan jangan cuma mikirin satu sisi. Gw yakin mereka yang berkoar2 itu kebanyakan emang mereka yang ga mampu, bukan cuma mereka yg pake kendaraan bermotor, tapi mereka yang kena efek kalo bensin naik. Bisa dipastiin kalo harga bensin naik, harga sembako juga pasti naik.

    Kita coba liat dari sisi lain, mereka demo kenapa? Mereka emang disubsidi, tapi mereka ga ngerasa apa-apa, bahkan mungkin ada yang ngerasa mereka ga diperhatiin lagi ama pemerintah. Pemerintah berdalih kalo disubsidi terus, bisa rugi ato semacamnya, harga minyak dunia naik ato semacamnya, PADAHAL PEMERINTAH BUANG2 UANG BUAT RENOVASI WC DPR sama RUANG BANGGAR sampe MILIARAN RUPIAH, yang notabene lumayan buat nyubsidi BBM.

    Apa ada upaya pemerintah buat membatasi penggunaan BBM bersubsidi biar tepat sasaran? oke, ada, gw ga bisa nyebutin karena gw ga ngerti secara persis mekanismenya.

    Tambahan lagi, gw denger dari temen gw, sama kalo ga salah kemarin disebut juga di sebuah acara di salah satu tv swasta kalo di undang2, seharusnya kita (baca : warga negara) CUMA membayar ongkos penyulingan aja, karena sumber daya nya dari bumi sendiri (baca : nusantara). Namun, ya karena itu tadi, entah karena lamban, ato emang sengaja dijual, kilang2 minyak di Indonesia dikuasai perusahaan asing yang ngejual dengan sistem bagi hasil. Jadi mau ngga mau Indonesia HARUS BELI SUMBER DAYA ALAM SENDIRI. Entah harus gimana.

    Kita yang muda ngga bisa nyalahin mereka yang demo, tapi ga bisa juga semerta-merta nyalahin pemerintah, itu terserah kita semua gimana mau menyikapi perihal ini, tetapi semoga pemerintah punya jalan yang lebih baik buat kebaikan bersama.

    regards, YAP-07.4960

  4. Yopie says:

    Sip…mantabs!!mungkin buat lulusan chemical engineering sama pertambangan mengerti akan hal itu…bagaimana susahnya dan mahalnya suatu proses reforming oktan, refinery crude oil, bagaimana mahalnya para karyawan oil & gas…ya begitulah pahamilah secara intelektual…

  5. Agus says:

    Dear faktakeren,

    ada yang saya mau tanyakan (maklum saya orang awam),
    1. apakah di Indonesia punya tempat penyulingan minyak mentah menjadi BBM yang ada saat ini.
    2. jenis minyak mentah apa yang diproduksi oleh kilang “MILIK” Indonesia
    mohon saya diberi tahu terima kasih ?

  6. onegin says:

    Kalo menurut gue sih, bro, ya sebenarnya sih yang protes BBM naik itu karena mereka kesal, kenapa pemerintah gak berdikari mengelola minyak sendiri, padahal banyak anak-anak bangsa yang sudah bisa mengolah sendiri, nasionalisasi lahan minyak yang dimiliki asing, produksi sendiri, sehingga kita tidak ketergantungan asing dan tidak harus beli barang yang kita punya, seperti yang masbro jelaskan di atas. Jadi mungkin untuk soal harga bisa disesuaikan dengan keadaan rakyat. Itu menurut opini gue lho ya, mungkin ada yang mau beropini lain?. Jadi kita juga bisa saling sharing dan tak menghujat :)

  7. uy says:

    emg!
    tp knp pmerintah venezuela bs dan brani bkin hrga bbm Rp. 450,- ???
    itu smw buat rakyat ny.
    BE SMART jg donk!!!

  8. uy says:

    klo gitu sharus ny kita punya PROGRAM PENDIDIKAN yg bagus supaya generasi indonesia bisa ngolah minyak mentah sendiri.

  9. pesa says:

    setuju gan,yang bikin parah di negeri kita itu ya Koruptor,kalo subsidi BBM dialihkan untuk peningkatan kualitas bangsa,sdm,teknologi dan sumber daya alam negeri kita mampu beli bensin 11.000 perliter,banyak potensi yang di hargain murah sama pihak asing,sdm sumber daya alam,dan tentunya teknologi kita jauh ketinggalan,semua ulah koruptor….,saya setuju bensin naik,tapi bangsa ini harus maju biar gak dijajah ekonomi-nya sama asing.

  10. belmot says:

    .ßëτџ£ °˚˚° ßëτџ£ °˚˚° ßëτџ£ .apalagi klo demo ga cuma teriak2 aja,ƭăpi ϑȋ’ sertai aksi pemukulan.contoh mahasiswa di makasar yg mukul tukang ban bekas itu hanya gara2 minta ban bekas buat di bakar ga ϑȋ’ kasih.yang di pukul itu jg nyari makan kan dgn jualan ban bekas?masak kaum intelek yg namanya mahasiswa berpikiran sempit kyk gitu??? Mending jd preman aja ga usαh ngaku2 mahasiswa klo gitu
    ƪ(‾ε‾“)ʃ

  11. 1310 says:

    Kenapa ndak indo aja yang menguasai tambang minya yang di indo, Kok kita beli minyak daei negara sendiri? , itukan tambang minyak kita , kenapa harus beli , , indonesia be smart dong jangan mau minyak kita dijajah terus , payah lu

  12. zou says:

    yg ksian ya, rakyat hampir miskin (yg miskin kn ga bs beli motor).ksian krn hak bbm bersubsidi ny diembat rakyat yg mampu.trus mreka triak soal hak2 rakyat kcil..

  13. Wulan says:

    Sebenarnya,masalah ada di no 1 lenapa pemerintah menjual
    minyak kita ke asing????? Banyak kok org indonesia yang pintar2 dan sanggup mengolah mibyak mentah jd bahan bakar siap pakai. Emang dasar pejabat negara kita bermoral bejat!!! Pengennya untung sendiri tidak memikirkan rakyat

    • suryadi says:

      no1 : karena indonesia sendiri tidak bisa mengolah minyak itu dikarenakan infrastruktur yang kurang memadai….

      No2: kenapa tidak orang indonesia sendiri yang mengolah minyak tersebut? Infrastruktur na aj ga ada mu SDM na ad pun tetep aj ga bisa di olah tuh minyak ==”

  14. Ibenkabdillah says:

    mau 4500/l pemerintah jg udh untung sob. itu kata om kwik kian gie.
    lo jg mesti tau pendapatan perkapita jg masih sangat rendah sob. klo pendapatan perkapita rata2 7-15 jt perbulan, terserah mau dinaikin sampe 12.000 jg boleh. harusnya lo jg liat sob hal-hal kecil spt itu. knp ga di naikin pajak rokok, miras n tempat2 hiburan. pemerintah takutkah? ingat sob tingkat kesejahteraan masyarakat lo juga liat. tidak sedikit masyarakat makan sampah di negeri ini.

    *biar mahasiswa intelek kaya lo juga “ngerti”

    • suryadi says:

      cm mu klarifikasi aj pendapatan perkapita di india yang jauh lebih kecil di banding indonesia..
      tetapi harga premium disana 13000/liter

      untuk info pendapatan perkapita itu berbeda dengan GNP..
      GNP indonesia memang lebih kecil di banding india ini dikarenakan faktor jumlah penduduk

      kalo masalah makan sampah u juga harus liat dolo di india itu lebih parah di banding indoesia

  15. trueblue says:

    Masih belum paham kenapa.dengan perhitungan di atas, premium bisa lebih mahal dari pertamax (11000 vs 9650) padahal kualitas beda jauh?

    • suryadi says:

      jgn mikir gt sob kalo di negara lain aj premium bisa +8rb bearti pertamax yang dari na 11000+8rb lage jadi 19rb dijual di luar..

  16. ari says:

    cool .. setuju saya.. yang ada,, selalu nyalahin ini nyalahin itu . .protes aturan.tanpa menela ah benar”,,,,,,,,, padahal itu udah terbaik buat kita ….nice artikel ..love it ..and nice info

  17. Don MH Satrio says:

    Demo dilakukan dengan tertib agar inspirasi yg di suarakan dapat ditrima dan dpt simpati.
    Jadi lah pemdemo yang smart bukan destroyer. Dan kita memang paham dgn akan kita sampaikan dlm demo, tdk hanya ikut2tan saja. Kita trun jalanan untuk mencari solusi bukan menambah prmasalahan baru yg akhirnya masyarakat kecil yg mendpt akibatnya. Demo dgn smart untuk hasil yg baik bagi semua

  18. Johanes says:

    Bbm naik itu udh termasuk murah, di korea aja udh puluhan ribu. Mustinya bangsa Indo tuh demo jga sabar, mereka blm lihat sisi pemerintah. Sebaliknya, pemerintah harusnya juga memanfaatkan uang negra untuk yg keperluan, jd rakyat kurang mampu pun gaakan protes. Kesalahan disebabkan karena pemerintah dan rakyat ngga saling melihat pandangan dn arah yang berbeda. Kalaupun bbm naik benetan, pemerintah juga harus mementingkan kepentingan rakyat drpd cma buat toilet yg ampe juta”an. Jd rakyat ga protes.. Dan rakyat jga hrs liat penyebab naiknya bbm. Bandingkan dgn luar negeri, kita hrus lbh pintar nanti di generasi dpn mengolah minyak sendiri! Go indonesia! Beli rokok aja bsa, bbm knp repot? Dn dwmo jg hrsnya sante aja.. Gua cm pgin rakyat undo ga blak”an dan pemerintahnya betpikir panjang buat rakyatnya… Walaupun byk suku, ras, agama bahkan keturunan yg beda. Ttp kita Bhinneka Tunggal Ika! Jgn gara” bbm smua jd ikut keseret, bahkan yg ga bersalah ikut”an hancur. Ttp semangat! Go indonesia

  19. rico says:

    Materi powerpoint “Membongkar Kebohongan Menaikkan Harga BBM” bisa di download disini.[1 MB]
    http://www.mediafire.com/?7dvxbv83j4550d0

    Rekaman dalam format MP3 bisa di download disini. [14,46 MB]
    http://www.mediafire.com/?g2fwv7ksw8gywpk

    oleh : DWI CONDRO TRIONO, Ph.D

  20. fan says:

    well,perhitungan 11 ribu dari mana ya?soalnya pertamax aja kisaran 9000, dan itu sudah tanpa subsidi kan?

  21. Ngok says:

    Hmm.. Ikutan yak, gue sih gabegitu ngerti.. Ehehe tp katanya kan harga minyak dunia lg naik tuh, nah logika aja, kalo kita gak naikin harga, ntar Indonesia yg malah diincer sama negara2 lain. Ngeri gak tuh? -___-

    Jd intinya kalo gue sih setuju BBM dinaikin.

    Yaudah skrg emg cm bisa doa doang, demo jg gak sepenuhnya menyelesaikan masalah ini toh. Bahkan bisa super-useless.. -___-

    Oia, mungkin yg demo anarkis itu mikir gini “Gue anarkis aja belom tentu dipeduliin, apalagi gue demo dgn cara baik-baik?” ._.

  22. dewa says:

    hahahaha, murah mnurut siapa? banyak opsi kok selain mnaikkan harga bbm, efisiensi anggaran sangat membantu, aku juga latar belakangku engineering, jadi aku paham nilai efisiensi pemngeboran minyak mentah. Aku setuju dengan pndapat anda bhwa minyak minyak kita emang dikuasai oleh asing. Tapi pemerintah harus mencontoh Petronas, yang berdaulat penuh atas minyaknya.
    Asing boleh mengeboor tpi sistem pembagian diatur oleh petronas sepenuhnya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! pemerintah harus punya nyali merestrukrturisasi agreeamaent dengan perusahaan asing, DITUNGGU NYALIMU WAHAI PEMERINTAH

  23. wina says:

    Yg perlu diberantas itu korupsi. Hasil korupsi kn bisa utk subsidi bbm. Korupsi harus dibasmi. Harg bbm naik, pajak naik, uang hasil korupsi pun bertambah, rakyat makin miskin, koruptor makin kaya.

  24. sunda pisan says:

    memang betul bos indonesia harus ngeluarin biaya lgi buat pengolahan minyak mentahnya.

    tapi,, apakah terlebih baik menambah anggaran buat subsidinya,,
    trus yg jadi pertanyaanya,, kenapa bukan subsidi anggaran pemerintah yg dicabut?kenapa harus subsidi BBM yg dikurangi?
    rakyat tu udah susah jadi jangan ditambah susah lgi..
    timbul pertanyaa lagi,, apa pernah para jajaran mentri dan presidennya membeli bensin untuk kendaraan dinasnya? malahan itukan dibayarin sama negara?berapa tu pertahunhya?itu hanya mentri n presiden,,belum kepala daerah,,belum kepolisian,,
    yang gituan harusnya dipotong,,malahan harusnya ga ada,,ama gajihnya udah melebihi dari cukup..
    belum biaya dinas perjalan keluar negri dan luar kota.
    ah cape bilangin satu2….

    jauh dengan para khalifah pada jaman sahabat,,tabiin at-ba’uttabi’in ga ada tu yg gitu2.
    malahan dapat gajih,,dibalikin lagi ma rakyat.

  25. file says:

    kenapa harus rakyat yg mnderita??????????!!!!!!,. kenapa g gaji n tunjangan anggta D ewan dan Presiden aja yg dikurangi,?????.biaya2 laen yg g jelas n pada kebanyakan kebuang sia2 untuk foya2 ,.itu yg di bilang buat rakyat???????
    nahh kalo para Petinggi2 negara ini gaji n pendapatan nya kecil n hidup seperti rakyat bysa yg tak bergelimang harta, mungkin dapat dipastikan semua rakyat indonesia akan ikut memaklumi n bekerjasama untuk bangun bangsa ini,.!!!demo itu ada karna rakyat merasa diperlakukan tidak adil!!!itu yg harus dicamkan pemerintah qt!

Leave a Reply

Submit Comment
© 2014 Fakta Keren. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.